"Selamat berpesta!" Ujar Enda Nasution, Bapak Blogger Indonesia dalam pidato pembukaannya di acara "Pesta Blogger 2007" pada tanggal 27 Oktober 2007 yang digelar oleh Maverick PR Consultant, bekerja sama dengan Bubu, Web Design Company.
Antusiasme dan semangat para blogger untuk menyemarakkan acara ini memang memenuhi lantai 8 Grand Indonesia, terlihat dari banyaknya blog komunitas yang hadir dengan mengenakan kaos atau baju yang seragam, juga blogger-blogger lain yang bela-belain datang dari tempat yang jauh banget dari Jakarta sehingga akhirnya jumlah blogger yang hadir di acara ini melampaui perkiraan panitia dan melebihi kapasitas ruangan di Blitz Megaplex tersebut.
Tidak heran jika kemudian Menkominfo, Bapak Mohammad Nuh, dalam talk show Suara Baru Indonesia—bagian dari acara Pesta Blogger 2007—dengan senang hati menetapkan tanggal 27 Oktober tersebut sebagai hari blogger nasional. Di kesempatan tersebut, Beliau juga menganggap para blogger sebagai motor edukasi Indonesia. Tanggapan ini disetujui oleh Bapak Cahyana Amajadi yang mengatakan bahwa blogger mampu mencerdaskan bangsa, namun mampu juga membodohkan bangsa. Kemudian Bapak Cahyana Adi, Dirjen Telekomunikasi dan informatika, menyetujui dan berujar,"Blogger itu harus berkembang secara inovatif."
Mas Budi Putra, seorang blogger ternama, turut menambahkan "Masa depan blog itu ada di content." Menurutnya blogger Indonesia memang cukup memiliki keunikan sendiri yaitu mampu menulis apa saja dengan baik melalui metode learning by doing. Dengan nada yang sama, Wicaksono, penulis blog Ndoro Kakung, menyarankan untuk memblog dengan pintar, namun jangan takut untuk menulis blog.
Mas Enda Nasution, Chairman acara Pesta Blogger 2007, ikut menanggapi ide mencerdaskan anak bangsa lewat dunia blog, mengusulkan hadirnya blog center yang dapat member tahu jumlah, perkembangan dan advokasi untuk para blogger. Blog center ini juga dapat memberi pelajaran mengenai blog kepada orang awam. Menurut Bapak Blog Indonesia ini, sebetulnya beberapa blog komunitas sudah menjalankan beberapa fungsi blog center yang ditulis diatas.
Setelah talk show Suara Baru Indonesia, mulailah discussion panel dari 7 kategori blog di acara Pesta Blogger itu, yaitu Online Marketing and sales, Women’s issues, Technology blogging, Personal blog, Celebrity blog, Current issues, dan bridge blogging, kesemuanya membahas mengenai dampak penulisan blog ke lingkungan sekitar, dan ke diri kita sendiri.
Salah satu diskusi seru terjadi dalam discussion panel di kategori Personal blog, dimana banyak dari para blogger yang selama ini menulis blog untuk diri mereka sendiri, ternyata memberi pengaruh yang besar ke lingkungan mereka, seperti pengalaman Nila Tansil ketika dikecam oleh pemerintah Negara tetangga karena menuliskan hal yang kurang baik mengenai pariwisata di Negara tersebut. Juga pengalaman beberapa blogger lain yang tiba-tiba dihubungi penerbit untuk diterbitkan blognya dalam bentuk buku atau dihubungi untuk meminta tulisan blognya dijadikan tayangan televisi. Seorang blogger bahkan dapat mengumpulkan dana kemanusiaan untuk korban bencana alam hampir sebesar satu milyar dalam jangka waktu dua tahun berkat tulisannya di blog yang selalu mengangkat tema-tema sosial.
Diskusi menjadi semakin seru ketika beberapa blogger bersilang pendapat apakah blog seseorang sebaiknya sengaja dibuat fokus pada satu permasalahan agar masyarakat dapat menggunakan blog kita sebagai acuan atas suatu hal seperti blog geologi milik Rovicky D. P. atau blog harusnya justru sengaja dibuat memiliki banyak topik sehingga jumlah pengunjung yang mampir ke blog kita akan menjadi semakin meningkat karena blog kita akan sering beredar di hasil pencarian search engine seperti blog Mas Aal. Sampai akhir diskusi panelpun, pertanyaan ini masih belum terjawab.
Di sisi lain, panel diskusi Current Issues menjadi panel dengan jumlah blogger paling banyak. Disusul dengan panel diskusi online marketing and sales yang dipandu oleh Mas Nukman yang membawakan acara diskusi tersebut dengan penuh tawa. Dalam Online Marketing and Sales tersebut para blogger saling berbagi cara memperoleh profit dari blogging, yaitu dengan menaruh iklan di blog atau dengan menjadi entrepreneur lewat blog itu sendiri, seperti yang telah dilakukan kawan-kawan dari kutukutubuku yang kini mampu memperoleh omzet hingga lima juta rupiah per bulannya. Nukman kemudian menyimpulkan, "Suara Baru adalah para blogger yang berani membrandingkan diri sendiri."
Kemudian ada pula pemain biola handal, Maylaffayza, di kategori celebrity blog, yang menyetujui kekuatan blog karena blog memiliki personal relation. Hubungan antar blogger akan menjadi sangat dekat karena benar-benar tahu keseharian blogger lainnya. Free? Itu beauty of the blog.
Wimar Witoelar sebagai salah seorang blogger senior dan moderator dalam talkshow Suara Baru Indonesia di acara Pesta Blogger 2007 tersebut terus menyemangati setiap orang untuk ber-blog ria dengan mengatakan,"Blog ini trend dunia. Kecantikan blog itu spontan. Bermutu atau tidak bermutu yang penting mengeluarkan suara. Kalau ngomong nothing, nanti akan ada something yang keluar."
Pesta Blogger 2007 ditutup dengan banjir hadiah lewat pengumuman blog terbaik dan doorprize. Blog terbaik dari kategori online marketing and sales adalah bajing loncat, blog terbaik dari kategori woman’s issues adalah Fashionist Daily, blog terbaik dari kategori Blogging technology adalah ilmukomputer, blog terbaik dari kategori Personal Blog adalah IstriBawel, blog terbaik dari kategori Celebrity blog adalah Jenny’s bf, blog terbaik dari kategori current issues adalah Perspektif Online, blog terbaik dari kategori bridge blogging adalah Enda Nasution, dan Blog terbaik dari kategori newcomers adalah Lidya Wangsa. Masing-masing pemenang mendapat hadiah yang menarik, dan sertifikat. Kemudian diumumkan pula pengumuman pemenang doorprize.
Yang belum mendapat hadiah, nantikan saja Pesta Blogger tahun depan. Untuk saat ini teruslah menulis blog bagus yang menginspirasi banyak orang.
http://www.perspektif.net/indonesian/article.php?article_id=734
0 comments:
Posting Komentar